Tim AI Unpad Raih Juara Pertama Huawei ICT Competition 2021

Tim mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih juara pertama di ajang Huawei ICT Competition 2021 kategori Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Sistem yang mereka buat sanggup menghitung cepat soal tes dengan akurasi terbaik.

Pada kategori itu tim diberi soal menghitung tumpukan reinforced bar (rebar) atau baja tulangan beton. Soal diberikan 29 Oktober, sementara jawabannya ditunggu panitia lomba paling lambat pada 31 Oktober 2021.

Ketiga mahasiswa, Victor Wijaya dari Teknik Informatika, Zulfan Jauhar Maknuy dan Freddy Millenia Yusuf dari Teknik Elektro, segera menyiapkan sistem berbasis AI untuk menjawab soal. Mereka dibimbing dosen Intan Norma Yulita dan Asep Solahudin.

“Kalau (soal) dihitung secara manual akan memakan waktu dan rawan terjadi kesalahan,” kata Victor di laman Unpad, Selasa 9 November 2021.

Sistem kecerdasan buatan yang mereka rancang tidak hanya memiliki kemampuan menghitung, melainkan sanggup memetakan titik-titik tempat rebar. “Huawei mencari sistem yang punya akurasi paling tinggi, serta paling cepat mengumpulkan jawaban,” kata Victor.

Setelah jawaban dikirimkan, tim mahasiswa Unpad lolos dan masuk sebagai lima besar kelompok yang paling cepat mengumpulkan jawaban. Sistemnya juga dinilai memiliki akurasi yang baik, yaitu 89 hingga 92 persen.

Hasil itu menobatkan tim sebagai juara pertama saat diumumkan Kamis, 4 November 2021. Mereka menyisihkan 15 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Selain itu, dosen pembimbing Intan Norma Yulita juga diganjar penghargaan The Best Performance Teacher.

Ajang Huawei ICT Competition 2021 bertujuan menyiapkan talenta terampil di bidang digital dan teknologi informasi. Kompetisi ini terdiri dari tiga kategori, yaitu AI, Network, dan Cloud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.