Perbedaan Jasa Pengiriman Paket Ke Luar Negeri dan Dalam Negeri

Aktivitas kirim mengirim paket mungkin sudah sering anda lakukan, baik ketika mengirim paket untuk kerabat ataupun misalnya ketika berbelanja online.

Namun, kebanyakan itu dilakukan hanya di wilayah Indonesia saja atau pengiriman dalam negeri. Proses pengiriman paket dalam negeri gampang, anda hanya perlu datang ke kantor jasa pengiriman dan menyerahkan uang. Paket langsung dikirimkan sesuai alamat yang dituju.

Lalu, bagaimana jika ingin mengirim paket antar negara. Apakah ada perbedaan prosedur ketika ingin mengirim paket ke luar negeri ataukah prosesnya sama dengan pengiriman paket lokal. Berikut ulasannya.

Apa Perbedaan Jasa Pengiriman Paket Ke Luar Negeri dan Dalam Negeri?

 

  1. Ongkos Kirim

Mengirim paket ke luar negeri tentu saja biaya lebih besar dibandingkan pengiriman dalam negeri, ini disebabkan oleh berbagai hal seperti misalnya biaya transportasi dan juga pajak.

Untuk mengirim dan menerima barang dari luar negeri tentu saja ada perhitungan sendiri, setiap negara memiliki kebijakan tentang biaya yang harus dibayarkan ketika ada barang datang dari luar negeri.

Di Indonesia sendiri urusan ini dilakukan oleh lembaga bea dan cukai. Mereka mengurusi perizinan tentang barang mana yang boleh masuk ke Indonesia beserta penghitungan pajak dan administrasi lainnya.

  1. Penghitungan Ukuran

Di pengiriman dalam negeri, perhitungan ukuran umumnya menggunakan sistem berat perkilogram. Untuk pengiriman keluar negeri pun sama, mereka terkadang menggunakan sistem berat perkilogram dikali biaya perkilogram pengiriman ke negara yang dituju.

Namun, dalam jasa pengiriman paket ke luar negeri, terutama yang menggunakan jalur laut, biasanya menggunakan standar volume atau kubikasi. Jadi, berat barang tidak menjadi ukuran melainkan volume atau panjang kali lebar yang dimiliki oleh paket yang dikirim.

Selanjutnya pihak jasa pengiriman akan menghitung biaya pengiriman berdasarkan hal tersebut dikarenakan space menjadi perhitungan utama ketika pengiriman menggunakan kapal laut.

  1. Tata Cara Pengiriman

Untuk mengirim barang ke luar negeri sebetulnya hampir sama dengan pengiriman barang lokal, hanya saja anda diharuskan untuk mengurusi beberapa dokumen tertentu ketika akan mengirimkan barang ke luar negeri.

Ini dilakukan agar paket anda tidak mengalami kendala selama pengiriman, terutama ketika dilakukan pemeriksaan oleh bea dan cukai negara tujuan.

Setiap negara tentu saja membatasi dan melakukan pemeriksaan pada setiap barang yang masuk ke negaranya.

  1. Lama Pengiriman

Pengiriman antar negara tentu saja lebih lama dibandingkan pengiriman dalam negeri, apalagi jika menggunakan pengiriman via kapal laut.

Sebetulnya pengiriman keluar negeri bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni kapal laut dan juga pesawat. Pengiriman paket via pesawat tentu saja lebih cepat, hanya saja anda harus mengeluarkan biaya lebih ketika memilih mengirim menggunakan metode ini.

Jika anda ingin mengirim barang ke luar negeri dengan murah, misalnya kirim paket dari brunei darusalam anda bisa menggunakan pengiriman menggunakan kapal. Tentu saja dengan pengiriman yang sedikit lama. Anda harus menunggu selama berminggu minggu agar paket tiba di tempat tujuan.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.