Mau Berwisata Saat Musim Hujan? Persiapkan Dulu 5 Hal Ini

Curah hujan tinggi melanda sebagian wilayah Indonesia belakangan ini. Bahkan ada yang sampai menyebabkan banjir dan musibah lainnya seperti longsor dan banjir bandang.

Dalam situasi tersebut, masyarakat yang mau bepergian sebaiknya memiliki perencanaan. Tak sekadar untuk menghindari situasi sulit akibat kehujanan, tapi demi keselamatan jiwa diri sendiri dan keluarga. Berikut lima hal yang harus dipersiapkan sebelum bepergian saat musim hujan:

Perlengkapan antibasah

Saat musim hujan dan bepergian, membawa perlengkapan pelindung hujan wajib dilakukan. Pastikan payung dan jas hujan selalu ada di tas.

Payung dan jas hujan itu tak cuma membuat menutupi tubuh agar tidak kebasahan, tapi juga melindungi barang bawaan yang berharga seperti gadget atau kamera. Pikirkan pula menggunakan tas waterproof agar perlindungan menjadi lebih maksimal terhadap barang apapun yang mudah rusak bila terkena air. Sandal karet atau pelindung sepatu juga bisa dipertimbangkan sebagai bawaan untuk mencegah sepatu basah.

Memeriksa kondisi cuaca

Saat ini sudah banyak kanal yang bisa diakses untuk mengetahui informasi cuaca pada hari itu dan di lokasi tujuan. Sebelum pergi, pastikan untuk mengecek potensi cuaca di hari itu sehingga bisa dilakukan antisipasi.

Sebaiknya, memantau kondisi cuaca juga dilakukan secara rutin. Sebab, situasi cuaca bisa saja berubah. Jangan lupa pantau juga informasi terkini tentang daerah tujuan.

Pilihan destinasi

Jika ingin berwisata saat musim hujan, sebaiknya pilih destinasi dalam ruangan atau indoor. Misalnya mal, museum, ataupun galeri.

Memang tempat-tempat seperti itu tak menawarkan pengalaman seperti wisata di alam terbuka seperti gunung atau pantai. Namun wisata dalam ruangan cukup menjadi sekadar hiburan tanpa melewatkan momentum liburan.

Menggunakan transportasi yang cocok

Saat musim hujan, berkendara dengan sepeda motor mungkin berisiko kehujanan. Tapi ada kalanya sepeda motor menjadi pilihan transportasi untuk sampai di tujuan lebih cepat. Pertimbangkan dengan baik dengan melihat kondisi perjalanan dan tujuan.

Secara umum, kendaraan roda empat, mobil transportasi online, angkot dan bus lebih aman saat hujan. Atau bila cukup jauh, pilihlah kereta.

Memberi kabar pada kerabat

Hal ini penting dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi situasi banjir atau kendala lain akibat hujan. Setidaknya kabar tersebut memberi rasa tenang bagi keluarga. Di sisi lain, memberi kabar juga akan membantu pelancong sewaktu-waktu membutuhkan bantuan dalam perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.