Otomotif

Kecantikan Sirkuit Motogp Mandalika

Siapa yang tidak tahu sirkuit mandalika? Yang mana sirkuit ini merupakan sirkuit balap MotoGP yang terletak di Desa Kuta, tepatnya di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sirkuit Mandalika ini berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. 

Sirkuit Internasional Mandalika ini rencananya akan dijadikan venue tuan rumah ajang balap MotoGP di tahun 2022 serta Kejuaraan Dunia Superbike 2021. Perlu digaris bawahi bahwa sirkuit telah resmi diberi nama Pertamina Mandalika International Street Circuit ini memiliki panjang lintasan sekitar 4,31 km dengan jumlah tikungan sebanyak 17.

Namun pada awalnya, sirkuit ini direncanakan memiliki panjang 4,8 km dan memiliki 19 tikungan. Jumlah yang dikurangi ini karena mempertimbangkan faktor keamanan. Mengapa demikian ? Sebab jika terlalu banyak tikungan akan berpotensi terjadi kecelakaan. Lalu lintasan diganti strukturnya menjadi lintasan lurus untuk menambah aksi overtaking.

Perlu anda ketahui bahwa sirkuit Mandalika ini menjadi destinasi wisata yang sangat potensial sebab posisinya yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Terlebih sirkuit ini telah bertaraf internasional sehingga dapat menambah nilai kawasan ini.

Pemandangan indah juga tersajikan, dimana pemandangan indah perbukitan dan pantai yang langsung disuguhkan ketika berada di kawasan Mandalika ini. Selain itu, pada berita hari ini disampaikan bahwa Mandalika ini akan menjadi “The New Bali” ditambah dengan keberadaan yang strategis dan terletak di Kawasan Ekonomi Khusus. 

Selain sebagai tempat tujuan untuk menonton pertandingan balapan. Nyatanya di Mandalika ini Anda juga bisa menikmati sejumlah tempat wisata yang ada di sekitar Sirkuit Mandalika, yang mana untuk beberapa tempat  wisata tersebut antara lain yaitu :

Apa Saja Tempat Wisata yang Disuguhkan di Sirkuit Mandalika ?

 

  • Bukit Merese

Bukit Merese merupakan salah satu destinasi wisata Pulau Lombok yang banyak digemari oleh para anak muda. Bukit Merese ini berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan. Sehingga jika anda mengunjungi Bukit Merese yang satu ini, maka anda dapat sekaligus pergi ke Pantai Tanjung Aan.

Bukit Merese sering dijadikan tempat untuk memotret foto prewedding dan juga sekadar objek untuk hunting foto. Menjadi tempat favorit sebab keindahan pemandangan yang disuguhkan di sekitar Bukit Merese.

  • Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan dapat disebut juga sebagai pantai terbaik yang ada di Lombok Selatan. Pantai yang satu ini juga memiliki pasir yang berukuran sebesar merica. Meski panas, pemandangan indah dapat menjadi obat yang dapat memberi Anda kepuasan.

  • Pantai Seger

Pantai seger adalah pantai favorit yang ada di Lombok Tengah bagian selatan. Pantai Seger ini memiliki struktur alam yang unik, yang mana di pantai ini juga terdapat jajaran bukit yang bentuknya beragam, pasir putih, karang yang masih terjaga, dan ombak yang menjadi favorit peselancar.

  • Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah yang berdekatan dengan Bandara Internasional Lombok. Keadaan alam di sekitar pantai ini sangat nyaman dan aman untuk dijadikan tujuan wisata bersama anak-anak. 

  • Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk terletak di Desa Gerupuk, Kecamatan Lombok Tengah. Pantai Gerupu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat tujuan untuk berselancar sebab ombak yang sangat mumpuni untuk digunakan berselancar.

  • Desa Adat Sade 

Selanjutnya yakni Desa Adat Sade, yang mana tempat ini merupakan desa tradisional Suku Sasak asli Lombok. Dengan keunikan-keunikan yang dimiliki desa ini dijadikan tempat wisata utama agar bisa lebih mengenal suku Sasak asli Pulau Lombok.

Nah, itulah yang dapat dijelaskan mengenai kecantikan sirkuit Motogp mandalika, beserta tempat wisata yang terdapat didalamnya, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *