GM dan Honda Mulai Produksi Mesin Hidrogen untuk Truk

General Motors (GM) dan Honda memulai produksi mesin kendaraan dengan sel bahan bakar hidrogen di pabrik Brownstown, Michigan, Amerika Serikat. Mesin ini akan digunakan sebagai penggerak truk komersial, alat berat, generator hingga kendaraan penumpang pada akhirnya. Melansir Motortrend, modul sel bahan bakar yang dibuat oleh perusahaan patungan tersebut akan digunakan pada Honda CR V bertenaga hidrogen yang akan debut pada bulan Maret 2024.

Sel bahan bakar hidrogen diprediksi menawarkan jangkauan yang lebih jauh dan pengisian bahan bakar yang lebih cepat dibandingkan kendaraan listrik berbasis baterai, sehingga memberikan keuntungan dalam industri. Jaringan stasiun pengisian hidrogen yang relatif kecil dan berjarak strategis dapat menjadikan sel bahan bakar sebagai alternatif yang layak untuk mesin diesel yang menggerakkan sebagian besar perekonomian modern. Perusahaan patungan GM Honda, yang bernama Fuel Cell Systems Manufacturing LLC, saat ini hanya membuat satu produk, yakni modul sel bahan bakar hidrogen seukuran mesin empat silinder dan mampu menghasilkan 77 kilowatt, setara dengan 103 tenaga kuda.

GM dan Honda Mulai Produksi Mesin Hidrogen untuk Truk Platform Penggerak Kendaraan Hidrogen untuk Mobil Hingga Truk Dikembangkan di Inggris Harga Mobil Mobil Honda Accord 2024 dengan Mesin Turbo, Dibanaderol Mulai Rp 787 Juta

Golkar Blora Mulai Panasi 'Mesin' Politik untuk Menghadapi Pilkada 2024 Kolaborasi Inovatif: Pelatihan dan Produksi Mesin Pupuk Batu Bara di Sumatera Barat PLN Siapkan Hidrogen Energi Alternatif untuk Kendaraan Masa Depan, Murah dan Ramah Lingkungan

Murah dan Ramah Lingkungan, PLN Siapkan Hidrogen Jadi Energi Alternatif untuk Kendaraan Masa Depan Beberapa modul dapat digabungkan untuk kebutuhan daya yang lebih tinggi, seperti menyalakan semi truk atau generator. Perusahaan mengklaim modul sel bahan bakar baru ini menghabiskan sepertiga biaya sistem yang digunakan pada Honda Clarity Fuel Cell 2019.

Sel bahan bakar perusahaan patungan ini bisa dijual ke Honda atau divisi Hydrotec GM, yang akan mengintegrasikannya ke dalam produk akhir atau menjualnya ke perusahaan lain. Honda mengatakan pihaknya berencana menjual 2.000 sel bahan bakar baru pada tahun 2025, dengan sekitar seperempatnya dialokasikan untuk CR V yang akan diproduksi di Performance Manufacturing Center di Ohio. Perusahaan juga membidik peluang bisnis di bidang kendaraan niaga, peralatan konstruksi dan pembangkit listrik stasioner.

Honda bersama sama mengembangkan semi truk Kelas 8 dengan Isuzu yang akan mulai diproduksi di Jepang pada tahun 2027, meskipun tidak jelas apakah kendaraan tersebut akan menggunakan sel bahan bakar FCSM. Sementara GM belum menunjukkan minat untuk mengintegrasikan sel bahan bakar ke dalam mobil, truk atau SUV miliknya. Sebaliknya, Hydrotec akan menjual sel bahan bakarnya, yang diberi merek Power Cubes, untuk digunakan pada alat berat dan pembangkit listrik.

Kolaborasi dengan Autocar dapat menghasilkan truk sampah bertenaga sel bahan bakar, dump truck, pengaduk semen, truk roll off dan traktor terminal. Komatsu juga sedang mempertimbangkan untuk mengganti generator diesel berkekuatan 3.500 hp dengan sel bahan bakar di truk pertambangan 930e yang digerakkan secara listrik dan Liebherr Aerospace sedang mengembangkan sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik di pesawat terbang sebagai pengganti turbin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *