6 Ciri Mobil Bekas Berkualitas

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda sedang membutuhkan kendaraan roda empat tapi dana yang ada masih terbatas. Kualitas dari mobil-mobil second di negeri ini masih termasuk menjanjikan dan bahkan ada yang kualitasnya tidak jauh beda dengan mobil baru.

Tapi, untuk mendapatkan mobil dalam kondisi bekas yang kualitasnya masih oke memang tidaklah mudah. Anda harus cermat, berhati-hati, dan paham dengan dunia mobil bahkan jika perlu ajaklah mekanik mobil yang sudah ahli dan berpengalaman agar Anda benar-benar hanya mendapat mobil yang berkualitas.

Ciri-ciri Mobil Bekas Layak Beli

1.     Suara Halus

Jangan hanya memperhatikan body dan interior tapi pastikan juga untuk mengecek kondisi mesin dari mobil yang akan dibeli. Lakukan test starter dan test drive dan dengarkan secara seksama seperti apa suara mesinnya, apakah kasar, halus, atau ada suara lain yang aneh misalnya gesekan komponen, dsb.

Pengecekan suara ini bisa dilakukan dengan menyalakan mesin mobil dengan keadaan kap mesinnya dibuka sekitar 5-10 menit. Jika suaranya menderu halus, maka mesin mobil masih dalam kondisi prima.

Tapi jika ada suara seperti gesekan dua komponen, suara “kletek-kletek” atau suara aneh lain, berarti ada masalah dengan mesinnya dan lebih baik mencari mobil lain.

2.     Oli dan Tangki Bensin Tidak Bocor

Jika tidak ada masalah pada kedua bagian ini maka bisa dipastikan bahwa mobil mendapat perawatan yang bagus dari pemilik sebelumnya.

Jangan sepelekan kebocoran pada tangki atau oli karena hal ini dapat memicu masalah lain yang lebih besar dan bisa menyebabkan kerugian di kemudian hari. Kebocorannya sendiri bisa dilihat dari apakah ada atau tidak rembesan pada kedua bagian tadi.

3.     Cek Warna Asap

Warna dari asap bisa menjadi pertanda lain dari bagus atau tidaknya mobil. Jika warna asap adalah hitam, bisa menjadi indikasi masalah pada sistem pembakaran.

Jika warna asap putih, bisa jadi ada kebocoran oli dan masuk ke bagian mesin pembakaran. Sedangkan untuk warna asap yang normal adalah coklat kemerahan setelah beberapa menit mesin mobil dihidupkan.

4.     Perpindahan Gigi Tidak Alot

Lakukan test drive untuk memastikan transmisi mobil dalam keadaan bagus. Jika perpindahan gigi lancar, tidak alot / berat, maka mobil dalam keadaan yang masih bagus dan layak dibeli. Tapi jika perpindahan gigi terasa berat atau alot, bisa jadi mobil jarang digunakan dan ada masalah di bagian tertentu.

5.     Mudah Menanjak

Saat melakukan test drive, sebaiknya jangan hanya pada jalanan yang rata dan halus tapi juga di sejumlah medan seperti salah satunya jalan menanjak. Cek apakah mobil kuat dan mudah menanjak dengan kemiringan sekitar 20-30 derajat atau justru terasa berat.

6.     Bebas Cacat

Ciri lain dari mobil second yang layak beli adalah tidak ada kerusakan atau cacat pada bagian body, seperti cat mengelupas, ada bekas dempulan, goresan, penyok, dan sebagainya. Mobil yang punya body mulus menandakan mobil tidak pernah mengalami kecelakaan atau benturan.

Tidak perlu terburu-buru saat melakukan pengecekan mobil agar Anda bisa mendapatkan kualitas yang bagus dengan enam ciri di atas. Jika ingin melihat mobil-mobil second yang masih bagus bisa cek di mo88i yang merupakan platform jual beli mobil berkualitas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.