5 Cara Memproses Emosi yang Terjebak dalam Tubuh

Setiap orang memiliki emosi yang belum diproses dari pengalaman hidup, sebab emosi tidak sepenuhnya diproses, tetapi bisa terjebak di dalam tubuh. Emosi yang tidak ditangani tidak akan hilang begitu saja. Namun, gejala stres traumatis dapat memberikan pesarasaan secara emosional.

Sentuhan dapat memunculkan emosi atau ingatan dapat menciptakan sensasi di area tubuh tertentu. Hal seperti ini biasanya dikaitkan dengan lokasi tubuh dengan segala sesuatu yang terjadi di otak. Ada pula beberapa orang percaya trauma dan emosi itu sulit. Namun, pada kenyataannya, emosi bisa menjadi energi yang benar-benar tertahan di dalam tubuh meskipun tidak didukung oleh bukti ilmiah.

Hampir setiap orang mengalami trauma di beberapa titik dalam hidup. Menurut survei 2015, dari hampir 69.000 orang dewasa di enam benua, lebih dari 70 persen responden melaporkan terpapar peristiwa traumatis, sementara 30,5 persen terpapar empat atau lebih. Berikut beberapa cara melepaskan emosi yang tertekan.

Akui perasaanSemakin memahami dunia emosional, maka lebih mengetahui perasaan dengan cara yang sehat. Langkah pertama adalah terhubung dengan memahami emosi di dalam tubuh. Orang dengan emosi yang tertekan mungkin mengalami kesulitan mengidentifikasi perasaan. Itulah sebabnya berbicara dengan profesional kesehatan mental dapat menjadi hal yang berharga.

Bekerja melalui trauma masa laluSeringkali ada hal-hal yang dibawa selama bertahun-tahun dan berasal dari masa kanak-kanak. Untuk mengatasi trauma, sangat penting merasakan kesedihan tentang kenyataan bahwa mungkin tidak akan pernah mendapatkan apa yang diinginkan bertahun-tahun yang lalu. Setelah membiarkan diri dalam keadaan suasana hati yang tidak baik, dapat melakukan pendekatan adaptif sehingga bisa mengidentifikasi akar masalah yang sedang dialami.

Pekerjaan bayanganMirip dengan mengeksplorasi trauma masa kanak-kanak, pekerjaan bayangan menawarkan hal lain untuk mengeksplorasi bagian diri yang disembunyikan, biasanya karena rasa malu atau ketidakmampuan. Orang cenderung menyembunyikan bagian diri yang diyakini tidak dapat diterima. Pekerjaan bayangan dapat dilakukan dengan beberapa cara, meskipun umumnya disarankan untuk menghubungi terapis.

Gerakan yang disengajaPengalaman somatik (SE) adalah cara untuk mengatasi ketegangan atau emosi yang belum diproses, yang mungkin tertinggal di dalam tubuh. SE menggunakan pendekatan yang mengutamakan tubuh untuk mengatasi gejala dengan gagasan bahwa membebaskan trauma yang belum diproses dapat meningkatkan penyembuhan emosional. Gerakan yang disengaja dapat melepaskan energi yang tersimpan sambil membantu otak mengenali perbedaan antara ketegangan dan relaksasi.

Melatih keheninganDiam memungkinkan kita untuk berada dengan pikiran dan perasaan agar lebih tenang. Dengan melepaskan diri sejenak dari rangsangan eksternal, penelitian mengatakan orang dapat terhubung lebih baik dengan pikiran, emosi, dan keinginan batin. Ada beberapa cara untuk melatih keheningan, seperti meditasi, latihan pernapasan, duduk di alam, mendengarkan musik yang menenangkan, dan relaksasi otot progresif.

ANDINI SABRINA | HEALTH LINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.