20 Peristiwa Penting Terjadi pada Februari: Socrates Dihukum Mati, Pemberontakan PETA 14 Februari

Hari ini Kamis, telah masuk di bulan Februari 2024. Februari selalu identik dengan bulan kasih sayang, lantaran pada 14 Februari banyak orang memperingatinya sebagai Hari Valentine. Namun sebenarnya banyak peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di bulan Februari, terjadi di Indonesia hingga di belahan dunia lainnya.

Termasuk soal peristiwa pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA). Selain itu ada peristiwa bersejarah saat petinju kelas berat Muhammad Ali berhasil dikalahkan oleh Leon Spink. Hingga turunnya salju di Gurun Sahara.

Lantas berikut daftar 20 peristiwa penting yang terjadi di bulan Februari: 20 Peristiwa Penting Terjadi pada Februari: Socrates Dihukum Mati, Pemberontakan PETA 14 Februari Sejarah 8 Februari: Kumpulan Peristiwa Penting dan Bersejarah di Dunia

KPK Fasilitasi Para Tahanan Mencoblos pada 14 Februari Naskah Khutbah Jumat 2 Februari 2024 Singkat: Hikmah Penting Peristiwa Isra dan Miraj 20 LINK Twibbon Pemilu 2024 dan Cara Menggunakannya, Bagikan Serentak di Medsos Pada 14 Februari

Bank Indonesia Tutup Layanan Operasional Pada 14 Februari 2024 Gempa Bumi Baru Terjadi Siang Ini Selasa 20 Februari 2024 Teks Khutbah Jumat 2 Februari 2024 Singkat Bertema : Hikmah Penting Peristiwa Isra dan Miraj

Pemberontakan pasukan Pembela Tanah Air (PETA) di Blitar adalah sebuah peristiwa pemberontakan yang dilakuan pada tanggal 14 Februari 1945. Pemberontakan ini dipimpin oleh Shodancho Soeprijadi terhadap pasukan Jepang, melansir Wikipedia . Pada 8 Februari 1587, Maria Ratu Skotlandia dipenggal atas perintah sepupunya Ratu Inggris, Elizabeth I, melansir historic uk.com .

Pada 2 Februari 1665, Pasukan Inggris merebut New Amsterdam, pusat koloni Belanda di Amerika Utara. Pemukiman perdagangan di Pulau Manhattan, di mana kini diganti namanya menjadi New York untuk menghormati Duke of York, gubernur barunya. Pada 9 Februari 1964, sebanyak 73 juta orang Amerika menonton Ed Sullivan Show, untuk menyaksikan band yang terdiri dari empat pemuda dari Liverpool (The Beatles) tampil untuk pertama kalinya.

Pada 4 Februari 1949, Ruth Handler menciptakan Barbie Doll. Pada 4 Februari 2004, Mark Zuckerberg menciptakan platform media sosial Facebook, melansir holidayinsights.com . Pada 10 Februari 1763, Prancis menyerahkan Kanada ke Inggris, mengakhiri Perang Prancis dan India.

15 Februari 399 SM Filsuf Socrates dijatuhi hukuman mati di Athena karena merusak pikiran para pemuda di kota itu. 15 Februari 1842 Kantor Pos menggunakan perangko berperekat untuk pertama kalinya. 13 Februari 1917, Penari eksotis Belanda, Mata Hari ditangkap karena dicurigai sebagai mata mata Jerman.

Persatuan Wartawan Indonesia selanjutnya dikenal dengan nama PWI adalah organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia. PWI berdiri pada 9 Februari 1946 di Surakarta, tanggal tersebut ditetapkan sejak masa Orde Baru, tepatnya pada tahun 1985, sebagai Hari Pers Nasional, mengutip Wikipedia . 24 Februari 1981 Pangeran Charles Inggris mengumumkan pertunangannya dengan Lady Diana.

Fenomena ini sangat langka, saat salju menyelimuti lokasi yang dikenal sebagai salah satu yang terpanas di dunia. Fenomena langka ini pertama kali terjadi pada 18 Februari 1979. Ketika itu salju turun selama 30 menit, melansir dw.com .

Muhammad Ali vs. Leon Spinks adalah pertandingan tinju profesional yang diperebutkan pada tanggal 15 Februari 1978 di Las Vegas, Nevada, untuk kejuaraan kelas berat WBA , WBC , dan The Ring. Spinks menjadi Juara Kelas Berat Tak Terbantahkan setelah hanya delapan pertarungan profesional, dan satu satunya orang yang pernah merebut gelar dunia dari Ali di atas ring, melansir Wikipedia. 25 Februari 1964 Muhammad Ali (Cassius Clay) memenangkan Gelar Kelas Berat Dunia pertamanya, mengalahkan Sonny Liston.

Kekuasaan di Kuba direbut oleh Fidel Castro, pada 16 Februari 1959. Setelah mengalahkan pasukan diktator Jenderal Fulgencio Batista, Fidel Castro menjadi perdana menteri Kuba dan mengubah negara pulau itu menjadi negara komunis pertama di Belahan Barat. Fidel Castro dilantik menjadi perdana menteri ke 16 Kuba. Fidel Castro kemudian gencar mengampanyekan anti Amerika, melansir britannica.com.

Pada 15 Februari 1965, Kanada secara resmi mengadopsi Bendera bergambar Daun Maple setelah proklamasi kerajaan. Galileo, seorang filsuf, astronom, dan matematikawan Italia lahir pada 15 Februari 1564 di Pisa, Italia. Pada 16 Februari 1918 Taryba (dewan) delegasi Lituania yang beranggotakan 20 orang memproklamirkan negara mereka sebagai negara merdeka.

Pada 10 Februari 1354 Mahasiswa di Universitas Oxford bertempur di jalanan dengan penduduk kota setempat yang mengakibatkan beberapa kematian dan banyak orang terluka. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *